Minggu, 01 Februari 2009

Bupati Hadiri Perayaan Malam Tahun Baru Imlek


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Ratusan masyarakat menghadiri Imlek bersama lintas etnis dan budaya bangsa yang diprakarsai Majelis Adat Budaya Tiong Hoa (MABT) Kabupaten Sekadau, Minggu (25/1) malam di halaman SDN 21 Sekadau.
Ketua MABT Sekadau menjelaskan perayaan Imlek bersama lintas etnis dan budaya yang digelar merupakan yang pertama kali di Sekadau dan merupakan kerinduan dari etnis Tionghoa yang telah lama dipendam.
Yang melatarbelakangi perayaan Imlek bersama adalah pesta budaya menyambut pergantian musim dan bukan merupakan perayaan keagamaan, serta menyikapi visi misi Kabupaten Sekadau yang maju, madiri dan demokratis.
Abun mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan itu menjadi kegiatan tahunan.Kegiatan ini merupakan kerinduan dari etnis Tionghoa yang telah lama terpendam, dan baru sekarang dapat terwujud,” ucapnya.
Kegiatan itu merupakan implementasi dari UU No 12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan, maka tidak ada lagi diskriminasi perlakuan dalam segala bidang, serta UU No 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.Kegiatan yang ditampilkan diawali dengan pawai barisan berpakaian adat dari berbagai etnis serta penampilan seni budaya seperti tari tempurung dari etnis melayu, tari ungkapan syukur dengan memerankan numbuk padi dari etnis dayak dan atraksi silat.
Hal senada juga dikatakan bupati Sekadau, Simon Petrus, bahwa kegiatan Imlek bersama lintas etnis dan budaya dijadikan sebagai tonggak pernyataan jauh dari dalam lubuk hati bahwa semua adalah satu meskipun berbeda-beda yang menjadi modal dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang, karena akan lahir generasi-generasi yang menginginkan suasana penuh kedamaian dan kebersamaan.
Kepada seluruh etnis diajak untuk terus memberikan sumbangsihnya bagi keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sekadau, umumnya di Kalbar.Kegiatan itu dihadiri Bupati Sekadau, Simon Petrus, Ketua MABT Abun Ediyanto, Ketua DPRD Yuni Yudarno, Muspida, Kepala Dinas, badan dan Kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, tokoh masyarakat, agama, pemuda serta undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar