Minggu, 01 Februari 2009

TP PKK Sekadau Giat Kampanyekan Gerakan Tanam Pisang


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Hingga saat ini hasil penanaman pisang yang dilakukan hasilnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Tidak hanya buahnya tetapi juga daunnya. Biasanya pada saat gawai atau hari lainnya daun pisang ini kerab kali digunakan oleh masyarakat untuk berbagai macam keperluan.
Demikian dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Ny. Scolastica Simon Petrus saat melakukan kunjungan di areal tanaman pisang, Sekadau, belum lama ini.
Oleh sebab itulah Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau berniat menumbuh kembangkan tanaman pisang. Pisang salah satu tanaman yang termasuk dalam ketahanan pangan. Tak heran jika gerakan menanam pisang selalu dikampanyekan ibu-ibu PKK Kabupaten Sekadau.
Kegiatan ini kata Tika, merupakan gerakan tanam dan pemeliharaan pohon untuk ketahanan pangan keluarga. Kegiatan gerak tanam pohon ini tidak hanya tanaman pisang saja melainkan Tp PKK juga telah menanamkan pohon sukun dan kelapa di sepanjang jalan kota Sekadau bahkan di desa.
Karena pisang menyimpan banyak manfaat. Tak heran sejak Tahun 2006, gerakan tanam pisang sudah dilakukan oleh TP PKK Sekadau. Hal ini terbukti dengan penanaaman pohon pisang di sepanjang jalan mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Sanggau maupun perbatasan Kabupaten Sintang. Tak alang kepalang pohon pisang yang sudah ditanam oleh ibu-ibu PKK Sekadau, mulai dari kota Sekadau hinga ke tingkat desa di tiap-tiap kecamatan sudah mencapai 7000 pohon pisang.
Tica menuturkan Pisang mampu dengan mudah diserapi tubuh dan mengembalikan energi puncak. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah kalori, protein, lemak, karbonhidrat, kalsiumdan bermacam vitamin. Asupan gizi yang menjadi favorit kebanyakan atlet tenis dunia adalah pisang, pisang menjadi penyemat bagi mereka.
Keinginan TP PKK Kabupaten Sekadau untuk membudidayakan pisang sangat di sambut baik oleh masyarakat, hal ini terbukti ketika melakukan kunjungan ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Sekadau, tampak sejumlah pepohonan pisang sudah mulai ditanam oleh masyarakat di desa tepatnya di area perkarangan rumah bahkan di sepanjang jalan. Dengan perawatan serta pemiliharaan yang berkelanjutan yang dilakukan oleh tenaga penyuluh membuat pisang yang bederetan disepanjang jalan Sintang rata-rata sudah berbuah. Tica mempersilah bagi warga sekitar yang ingin panen buah pisang tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar