Minggu, 01 Februari 2009

Gubernur Serahkan SK Sekdes Sekadau

Hartono/Hentakun
Borneo Tribune, Sekadau

Pelantikan Sekretaris Desa (Sekdes) oleh bupati yang disaksikan gubernur baru pertama terjadi di negara Republik Indonesia. Demikian pula secara khusus untuk Kabupaten Sekadau.
Gubernur Kalbar Cornelis bersama kabinetnya ikut langsung menyaksikan pelantikan ke-25 Sekdes Kabupaten Sekadau yang diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Rabu (21/), pukul 20.00 wib.
Dalam sambutannya Gubernur Kalbar mengegaskan bahwa peranan Sekdes menjadi sangat penting bagi pemerintah RI. Karena sekdes mengatur administrasi pemeritahan desa. Gubernur meminta agar sekdes yang baru dilantik melaksanakan tugas sebaik-baiknya, terlebih masalah keuangan negara, walau era otonomi daerah tetap ikut aturan undang-undang yang berlaku.
”Jangan sampe buat SPJ terlambat. Buat laporan mau terima uang mau,” tegas Gubernur.
Gubernur juga mengingatkan sekdes agar agar menggunakan otonomi yang dugunakan pemerintah pusat. ”Ketika belum mendapat jabatan ngomel-ngomel, sekarang diberi jabatan jangan main-main,” ujar gubernur gdatar.
Selain itu, gubernur juga meminta agar program pemerintah seperti raskin, jamkesmas dan Bantuan Langsung Tunai tidak ada kata menolak, sukseskan,” tegasnya. Sementara dalam sambutannya bupati Sekadau menginatkan kepada sekdes yang baru dilantik dan berstatus sebagai negeri sipil untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam membantu kepala desa menjalankan roda pemerintahan desa.
Apalagi untuk menjadi PNS itu tidak mudah, sebab harus melalui berbagai macam tahapan. Koordinasi antar kepala desa serta camat menjadi hal penting bagi seorang kades, terutama dalam mendata penduduk. ”Kedepan kita berharap dengan dilantoknya sekdes administrasi desa bisa lebih baik lagi,” ucap Simon.
Selain dihadiri oleh pejabat provinsi pelantikan sekdes itu juga dihadri oleh seluruh pejabat dan Muspida di lingkungan Pmerintah Kabupaten Sekadau.

0 komentar:

Posting Komentar