Rabu, 21 Januari 2009

Abdurahman Dilantik Sebagai Kades Sungai Ringin

Hartono
Borneo Tribune, Sekadau


Bertempat di Gedung Pertemuan Umum Pamong Desa Sekadau secara resmi Abdurahman dilantik sebagai Kepala Desa (Kades) Sungai Ringin oleh Camat Sekadau Hilir, Drs. Jhoni, M. Pd. Hadiri dalam acara pelantikkan tersebut Asisten Pemerintahan, Hukum, Sosial dan Perekonomian Setda Sekadau, Drs. Yohanes Jhon, Muspika Kecamatan Sekadau Hilir, pemuka agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
Pengambilan sumpah dalam pelantikan tersebut dipimpin langsung Camat Sekadau Hilir atas nama Bupati Sekadau yang disaksi oleh Asisten 1 Pemkab dan rohaniawan serta para undangan, proses seremoni tersebut berlangsung khikmat.
Bupati Sekadau dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Yohanes Jhon mengatakan bahwa Kades sebagai abdi negara dan abdi masyarakat merupakan sebuah tugas sosial untuk memajukan kesejahteraan bangsa, yang dilandasi nilai-nilai Pancasila. "Sebagai Kades saudara berhadapan langsung dengan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu tugas dan tanggung jawab sangatlah berat dan penuh tantangan," tutur Yohanes.
UU No. 32/2004 tentang Pemda dengan paradigma barunya telah memberikan berbagai perubahan kearah terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai kegiatan pembangunan yang mengarah kepada pemberdayaan masyarakat serta pelayanan publik yang optimal. UU tersebut juga memberikan kewenangan dan kesempatan ada desa sebagai daerah otonom untuk mengatur dan mengurus masyarakatnya sendiri.
Namun itu bukan berarti pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten tinggal diam atau melepas begitu saja, Pemkab Sekadau akan terus membantu desa dalam melaksanakan pemerintahan desa, yaitu dalam bentuk pembinaan, supervise, penyiapan pedoman kerja, pendidikan dan pelatihan bagi aparatur desa maupun masyarakat dan bantuan sarana prasarana, termasuk dana.
Dikatakannya, untuk membawa desa ke arah yang lebih maju dan mandiri tentunya Kades sangatlah menentukan. Menurut Yohanes, Kades dalam pemerintahan ibarat nakhoda yang akan menentukan kemana kapalnya akan dilabuhkan. "Untuk itu saudara harus berusaha mengembangkan diri agar mampu berkarya dengan mengembangkan ide-ide yang kreatif serta dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang ada dalam lingkup NKRI," katanya.
Menurutnya, satu hal yang kadang tidak kita sadari bahwa menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban di desa juga merupakan potensi yangn harus terus dikembangkan, karena stabilitas keamanan dan ketertiban akan mengundang investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Sekadau yang kita cintai ini. “Dengan hadirnya investor tentunya akan membantu baik secara finansial maupun sarana dan prasarana dalam rangka mempercepat pembangunan demi terciptanya Sekadau yang maju, mandiri dan demokratis," paparnya lagi.□

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger