Kamis, 22 Januari 2009

Otonomi Desa Tergantung Kesiapan Masyarakat Desa

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Bupati Sekadau, Simon Petrus, S.Sos, M.Si mengatakan otonomi desa sangat tergantung kepada kesiapan masyarakat di desa itu sendiri. Karena untuk dapat menggali, mengidentifikasi dan mengoptimalkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki tidak hanya semata-mata berasal dari sumber daya alam (SDA) tetapi juga sumber daya manusia (SDM) yang handal dan professional.
Menurutnya, satu hal yang kadang tidak disadari bahwa untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban di desa juga merupakan potensi yang harus dikembangkan, karena stabilitas keamanan dan ketertiban turut mengundang investor untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut khususnya dan kabupaten umumnya.
Dengan masuknya investor tersebut, tentunya akan membantu pemerintah dalam hal finansial sarana dan prasarana dalam mempercepat pembangunan demi terciptanya Sekadau yang maju, mandiri dan demokratis.
Untuk menunjang beberapa hal tersebut, seorang pemimpin desa perlu mengembangkan sikap keterbukaan dalam pelaksanaan tugas, karena itu menjadi modal utama dalam mendukung setiap program yang akan dilaksanakan.
Disamping itu juga menurut Simon, kerjasama dengan lembaga lain termasuk pemerintah dan pihak swata perlu dilakukan. "Kembangkan kerjasama dengan seluruh lembaga kemasyarakatan yang ada di desa, karena itu membantu dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," ujarnya.□

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger