Rabu, 21 Januari 2009

Jalan Masih Jadi Kendala Utama

Hartono
Borneo Tribune, Sekadau


Camat Belitang Hulu, Yohanes Sebastian Batur, mengungkapkan jalan raya merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat di Belitanhg Hulu. Demikian kata Batur saat saya temui usai acara safari Ramadan Bupati Sekadau, Simon Petrus, S.Sos, M.Si, di Kecamatan Belitang Hulu, akhir pekan kemarin.
Akibat masih belum permanennya jalan tersebut, Batur menyebutkan sedikit membuat masyarakat setempat sulit untuk mengeluarkan berbagai hasil pertanian yang mereka miliki. Ditambah lagi belum adanya jembatan penyeberangan khusus seperti jembatan Kapuas di Kota Pontianak.
Sementara ini lanjut Batur, ponton menjadi satu-satu alat angkut yang digunakan untuk menyeberangkan berbagai jenis angkutan termasuk mobil sebagai pengganti jembatan, dan itu menurutnya kurang begitu efektif jika dibandingkan jembatan.
"Masih banyak masalah lain yang masyarakat kami hadapi, termasuk maslah listrik," ungkap Batur kepada bupati yang disaksikan oleh sejumlah kepala dinas dan instnsi terkait lainnya.
Kecamatan Belitang Hulu seperti yang dikatakan Batur, berbatasan langsung dengan Kabupaten Sintang. Bahkan untuk pergi ke Kota Sintang jauh lebih dekat dari pada pergi kota Sekadau. "Hitungan belasan menit, udah sampai ke Sintang," katanya.
Tak heran, lanjut Batur masyarakatnya lebih memilih berbelanja ke Sintang dari pada ke Sekadau. Agar persoalan tersebut bisa diatasi satu-satunya solusi yang mesti dilakukan oleh Pemkab Sekadau menurut Batur adalah membangun jalan yang sebagian besar belum diaspal dan membangun jembatan penyeberangan.□

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger