Kamis, 22 Januari 2009

Jumlah Penumpang Bus Tahun Ini Turun

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Arus mudik lebaran tahun ini seperti yang dikatakan Hadi Sapriadi, salah seorang petugas dari Dinas Perhubungan saat saya temui di Terminal Lawang Kuari, Senin (29/9) pagi pekan kemarin, mengatakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kondisi penumpang tahun ini tidak mengalami peningkatan yang signifikan alias menurun, bahkan jika dipersentase penurunan tersebut mencapai sekitar 20 persen.
Menurunnya, jumlah penumpang tersebut menurut Hadi karena disebabkan banyaknya kendaraan pribadi, terutama kendaraan roda dua seperti motor. Tak heran kata Hadi, dengan menurunnya penumpang yang hilir mudik suasana di terminal pun tidak begitu ramai, bahkan jam 12.00 siang sudah sepi.
"Mulai pagi sampai jam 12,00 siang saja yang ramai, sorenya seperti biasa, sudah sepi," ujar Hadi ramah.
Sejuah ini lanjut Hadi, hanya bus jurusan Pontianak-Sekadau saja yang penumpangnya terlihat ramai. Sementara untuk jurusan lainnya seperti Sekadau-Sintang masih seperti biasa.
"Hanya bus jurusan Pontianak-Sekadau saja yang sedikit terlihat ramai, sedangkan untuk jurusan lain tidak begitu mengalami peningkatan," kata Hadi di sela-sela meninjau salah satu bus yang hendak berangkat menuju Pontianak.
Bagaimana mengenai tarif? Hadi mengungkapkan tidak mengalami perubahan meskipun saat hari raya. "Tidak ada istilah aji mumpung," ujarnya sambari mengatakan tarif ini sudah diatur dalam ketentuan, jadi tidak ada hak untuk menaikan tarif.
Seperti hari biasa tarif untuk kelas ekonomi untuk tujuan Pontianak-Sekadau Rp50 ribu. Sementara untuk kelas eksekutif belum ada bus yang melayani. "Disini hanya ada bus ekonomi saja dek, yang eksekutif belum ada," papar Hadi kepada saya.
Mengenai keamanan, hingga berita ini diturunkan seperti yang diucapkan Hadi masih berjalan dengan aman, tertib, lancar dan terkendali. Jika ada kejadian lanjut Hadi pihaknya bersama aparat keamanan siap turun untuk bertindak, tapi selama ini kata Hadi lagi, belum pernah ada kejadian.
"Kita di Terminal Lawang Kuari ini aman-aman saja, ini semua berkat dukungan dari semua pihak," kata Hadi lagi. Sebagai umat Muslim Hadi pun mengucapkan selamat hari raya idul fitri, minal adin walfaizin.□

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger