Rabu, 21 Januari 2009

Simon Petrus: Desa Perlu SDM yang Handal

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau


Dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya, desa sebagai daerah otonom perlu memiliki sumber daya manusia yang handal. Demikian dikatakan Bupati Sekadau, Simon Petrus, S.Sos, M.Si belum lama ini.
Oleh sebab itu kata Simon, desa perlu memiliki sarana dan prasarana publik yang memadai, selain itu desa juga harus mempunyai dana yang cukup untuk membiayai pelaksanaan pembangunan desa.
Simon menyebutkan dengan statusnya sebagai daerah otonom, desa dituntut untuk bisa maju dan mandiri secara terus menerus sehingga bisa sejajar dengan desa lainnya lebih dulu maju dan mandiri.
Simon menjelaskan maju berarti mengalami perubahan kearah yang lebih baik kemudian dapat diukur dari indeks peningkatan kesejahteraan jumlah keluarga miskin berkurang, pendidikan masyarakat meningkat, kesehatan masyarakat meningkat dan terakhir pelayanan kepada masyarakat juga meningkat,
Desa baru dikatakan mandiri menurut orang nomor satu di Kabupaten Sekadau ini apabila desa tersebut dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dalam rangka pelaksanaan pemerintahan yang baik, dan tidak tergantung kepada pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten.
Namun demikian kata Simon bukan berarti pemerintah tidak mau ambil peduli atau melepas tanggung jawab begitu saja, dalam hal ini pemerintah sebagai pembinaan, supervise, penyiapan pedoman kerja, pendidikan dan pelatihan bagi aparatur desa maupun masyarakat dan menyediakan bantuan sarana prasarana serta dana.
Tapi untuk menuju desa mandiri itu, maka perlu sumber daya manusia (SDM) yang handal di desa tersebut. Bila SDM masyarakatnya sudah baik, maka dengan sendirinya desa tersebut akan mampu mandiri dan mensejajarkan dirinya dengan yang lainnya.□

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger