Kamis, 22 Januari 2009

Simon: PNS Harus Komitmen dan Profesional

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus menunjukan komitmen dan tanggung jawab sebagai tenaga pofesional. Karena di dalam suatu organisasi pemerintahan seorang PNS mengemban suatu tugas dan tanggung jawab tidaklah ringan, apa lagi tenaga pendidik, karena profesi ini merupakan tugas mulia dan sektor ini merupakan ujung tombak pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agar tidak tertinggal dalam arus globalisasi pembangunan.
Hal ini disampaikan Bupati Sekadau, Simon Petrus, S.Sos,M.Si dalam sambutannya terkait pengangkatan CPNS menjadi PNS baru-baru ini. Simon meminta, supaya seorang PNS harus memiliki kompetensi agar dapat mewujudkan displin dan etos kerja yang tinggi.
"Seorang PNS harus dapat memahami posisi, peran, tugas, fungsi dan kewenangan instansi dimana seorang PNS akan ditempatkan untuk bertugas, sehingga dapat terwujud suatu pelayanan yang prima kepada masyarakat sesuai dengan tugasnya," papar Simon.
Dari awal kata Simon, seorang PNS sudah dimantapkan melalui prajabatan, oleh karena itu seorang PNS sudah dimantapkan sikap dan semangat pengabdiannya yang berorentasi kepada pelayanan, pengayoman dan pemerdayaan masyarakat.
"Ketika CPNS menjadi PNS, kita dituntut dalam melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab serta mampu menampilkan kinerja yang berkualitas dan professional, karena apabila seorang PNS tidak mampu menampilkan kinerja seperti yang diharapkan, maka dengan sendirinya akan tertinggal dalam perkembangan kemajuan dan tuntutan perubahan zaman," tegasnya.
Selaku Bupati Sekadau, Ia menyadari berbagai kendala masih nampak jelas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari seperti minimnnya sarana dan prasarana kerja, namun hal tersebut kata Simon, jangan menjadi suatu beban bagi seorang PNS untuk mengembangkan diri dan berpikir kreatif.
"Kendala yang kita hadapi ini, hendaknya dapat kita kelola menjadi sebuah tantangan yang melahirkan karya yang baik. Semakin mampu seorang PNS mengatasi kendala yang ada dan melahirkan kreatifitas diri maka akan menempa seorang PNS menjadi pribadi yang semakin dewasa dan profesional," kata Simon yang selalu peduli masyarakatnya.
Simon berharap, dari beberapa hal yang disampaikannya ini bisa menjadi bahan renungan bagi seorang PNS khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau. Karena lanjut Simon, tugas dan tanggung jawab serta tantangan yang akan PNS hadapi kedepannya akan semakin berat dan tidak mudah.□

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger