Sabtu, 31 Januari 2009

Bupati Sekadau Panen Jagung


PANENBupati Sekadau Saat Panen Raya Jagung Percontohan Yang Terletak di Desa Ensalang Kecanatan Sekadau Hilir. Bupati Juga dalam Panen Tersebut Didampngi Sekada dan Kepala Dinas, kantor Badan Yang ada di Lingkungan Pemkab Sekadau. FOTO Hartono/Borneo tribune.

==============

Hermanus HartonoBorneo Tribune, SekadauBupati Sekadau Simon Petrus bersama Sekda, Ketua PKK kepala dinas, kantor, badan, camat, kepala desa, dan kelompok tani Kabupaten Sekadau Rabu pagi (8/1) melaksanakan panen raya perdana jagung percontohan yang terletak di desa Ensalang Kecamatan Sekadau Hilir.Kabupaten Sekadau boleh berbangga karena dengan hadirnya jagung percontohan milik bupati Sekadau, yang menggunakan teknologi pertanian dapat memberikan motivasi bagi para anggota Kelompok Tani Kabupaten Sekadau.Akoi salah satu tenaga dinas pertanian Sekadau, yang dibantu oleh Komoi, dipercaya bupati sebagai pengelola sekaligus pembina serta pendamping teknologi yang langsung terjun di lapangan dalam membantu petani jagung untuk meningkatkan hasil produksinya.Simon dalam kata sambutanya memaparkan kepada Kepala Desa Se-Kabupaten Sekadau untuk lebih sungguh-sungguh mengusahakan setiap lahan-lahan kosong dengan tetap menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah maupun pihak swasta.Bupati juga menegaskan bahwa pemerintah Sekadau sangat mendukung program kemitraan bersama dengan PT. Surya Deli, karena dengan melalui pola kemitraan keberhasilan panen dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat petani yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Sekadau.Tidak hanya itu, dengan adanya pola kemitraan tersebut, lanjut Bupati dapat membantu petani dalam memasarkan hasil jagung, dengan demikian Sekadau juga bisa menjadi agen budidaya jagung seperti Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang.”Kita ingin Bengkayang ada di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau, tentunya keinginan tersebut harus dilakukan melalui usaha, saya yakin hal itu dapat terwujud,” katanya. Bahkan Simon juga berjanji untuk memberikan bimbingan kepada para petani, tidak hanya itu dia juga berjanji ke depan masing-masing petani yang ada di tingkat kecamatan akan diberikan transportasi pengangkutan seperti Pick Up.”Kedepan kita upayakan alat angkutan tersebut sudah bisa digunakan oleh petani, karena kita berkeinginan masyarakat khusunya petani bisa sejahtera dengan melalui petani jagung ini,” katanya.Usai panen bupati langsung melakukan dialog bersama dengan para kepala desa dan kelompok tani dan ibu-ibu PKK kabupaten Sekadau. Dalam dialog tersebut petani juga mengajukan beberapa pertanyaan yang langsung dijawab oleh pengelola jagung percontohan, Akoi.Dalam penjelasannya Akoi mengungkapkan sebagai peneliti tidak akan meninggalkan petani sampai betul-betul petani mandiri berhasil menghasilkan produksi yang terbaik, juga mengajak petani untuk betul-betul mengikuti anjuran yang diarahkan oleh peneliti agar hasil produksi betul-betul sesuai dengan harapan yang diinginkan. ”Ini yang ingin kita harapkan, mudah-mudahan Sekadau juga bisa menjadi produsen jagung seperti Kabupaten bengkayang, dan menjadi contoh bagi kabupaten lain,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger