Kamis, 22 Januari 2009

Awang: PNS Jangan Minta Pindah

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau


Ada anggapan kurang elok yang biasa dilakukan oleh pegawai negeri sipil (PNS). Terutama bagi PNS yang bukan beradal dari daerah tempatan atau tugasnya. Mereka sengaja mencari dimana daerah yang banyak lowongan. Namun begitu diterima baru bertugas dua atau tiga tahun sudah mengajukan surat pindah. Ini sering terjadi pada PNS terutama guru, perawat dan dokter.
Terkait persoalan tersebut, Sekretaris Daerah Sekadau, Drs. Awang Asnawi menegaskan kepada peserta diklat prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kabupaten Sekadau untuk tidak mengeluh dengan tugas dan tanggungjawabnya dan jangan menjadi PNS yang manja.
"Setelah menjadi PNS, jangan hanya dimanfaatkan sebagai batu loncatan untuk mengajukan mutasi tugas ke tempat lain," tegasnya.
Lebih lanjut Awang mengatakan, banyak contoh PNS yang lain setelah menjadi PNS dan ditempatkan di suatu daerah atau pedalaman, beberapa bulan lalu mengusulkan pindah. PNS yang semacam ini bukanlah yang kita harapkan dan PNS yang semacam itu sudah mengingkari janjinya ketika diambila sumpah dan jabatannya.
"Pemkab tidak mengaharapkan seorang PNS yang selalu melanggar sumpah janjinya," tuturnya.
Ditambahkannya CPNS harus menunjukkan komitmen dan tanggung jawab sebagai tenaga yang profesioanal karena mereka merupakan sumber serta pilihan dari sekian banyak angkatan kerja. Setelah melalui tahapan seleksi yang kompetitif dan diangkat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kehadiran PNS dalam satuan instansi tidaklah ringan, apalagi sebagian besar yang diangkat merupakan tenaga pendidik, karena profesi ini merupakan tugas mulia dan merupakan ujung tombak pemerintah daerah Kabupaten Sekadau dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar tidak tertinggal dalam arus gloabalisas.
Awang berpesan kepada para peserta diklat setelah diangkat manjadi PNS, jangan melupakan apa yang telah diterima dalam diklat, ilmu itu menjadi pedoman dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat, sehingga setelah memegang tanggung jawabnya PNS benar-benar menjadi pelayan masyarakat.□

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia
Adalah Bupati Kabupaten Sekadau periode 2005-2010 hasil pemilihan langsung oleh rakyat Kabupaten Sekadau, berpasangan dengan Abun Ediyanto, SE, MM. Jabatan lain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau.

Blog Archive

Powered By Blogger